Minggu, 27 Maret 2011

PEMBUATAN PENAMPANG GEOLOGI “MANUAL”

Dalam pembuatan penampang GEOLOGI secara manual, hal yg perlu di perhatikan adalah cara penarikan sayatan usahakan tegak-lurus dengan strike/jurus kedudukan batuan. Hal ini untuk menghindari sebaran batuan yang seragam pada penampang geologi.

Hal kedua yang perlu di perhatikan adalah sudut bearing dan dip. Bearing dan dip digunakan untuk koreksi kemiringan bantuan pada penampang geologi. Bearing merupakan sudut yang di bentuk oleh garis sayatan dan perpanjangan dari strike batuan pada peta, dimana sudut yang di bentuk kurang dari 90 derajad. Sedangkan dip merupakan kemiringan batuan yang ada di lapangan.



Rumus koreksi dip:

Tan dip penampang =[ tan dip lapangan] x [sin bearing]



Untuk memudahkan perhitungan ini, tentunya kita butuh kalkulator untuk perhitungan trigonometri ini. Namun tidak semua kalkulator mampu untuk menghitung perhitungan ini, apalagi kalkulator penjual terong di pasar. Salah satu tips adalah dengan menggunakan ms. office excel, atau juga dengan membuat software sendiri menggunakan visual basic (tp aq belum mampu membuat software ini... hahahaahahah...)



Perhitungan via excel:

=DEGREES(ATAN((TAN(RADIANS(B2)))*(SIN(RADIANS(C2)))))



Untuk bukaan dip terkoreksi pada penampang geologi, perhatikan saja mana batuan yg lebih tua. Kan bisa interpretasi langsung di peta…

So... lanjutkan bikin profil linenya... TKP...

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Om werdhihater, ini bukan pisang epe om. HAHAHAHAHAHAHAHAHA.
      Arogannya om werdhihater DEEEEECCCCCHHHHHHH!!!!!!!!!!!!!!!!!

      hahahahahahahah..

      Hapus
  2. Mantap om ZchelenK, Thanks tutornya om.

    BalasHapus