Kamis, 23 Juli 2015

Melakukan Digitasi Point, Polyline, Dan Polygon pada ArcGIS 9.3 Download Tutorial / Belajar ArcGIS

Untuk tutorial kali ini saya ingin shared mengenai Digitasi ArcGIS. Untuk melakukan digitasi pada dasarnya sangat mudah. Namun akan lebih mudah kembali apabila kita mengetahui masing-masing fungsi pada toolbar “Editor” pada arcgis. Saya akan share sedikit yang saya tahu untuk memudahkan dalam melakukan digitasi pada ArcGIS.
Pada dasarnya, saya lebih menyukai apabila sistem proyeksi koordinat yang menggunakan UTM. Hal ini saya rasa nilai koreksi nya lebih akurat.
·         Untuk memulai melakukan editing, click “Editing” pada toolbar editor, selanjutnya mulai dengan “Start Editing”.
·         Gunakan saja “sketch tool” yang bergambar pensil. 
·         Pada Task, pilih saja “Create New Feature”.
·         Target, pilih shapefile yang akan dilakukan digitasi. Biasa nya, pada bagian ini yang kurang dilakukan perhatian sehingga biasa nya antara yang dilakukan digitasi dengan yang direncanakan berbeda.
·         Lakukan digitasi berdasarkan basemap sesuaikan berdasarkan feature yang akan dibuat. Untuk memudahkan, anda dapat membaca juga tautan ini (Trik Shortcut digitasi padaArcGIS 9.3 Download Tutorial / Belajar ArcGIS).
·         Apabila telah selesai melakukan digitasi, jangan lupa menyimpan terlebih dahulu. Ada 2 cara dalam menyimpan shapefile. Pertama yaitu menyimpan saja dan kemudian melanjutkan proses digitasi, click “Editor”, selanjutnya click “Save Edits”. Cara kedua dengan menyimpan sekaligus mengakhiri kerja digitasi, click “Editor”, selanjutnya click “Stop Editing”. Pada saat muncul notifikasi, pilih “save”
Oke, sekian saja cara untuk melakukan digitasi pada ArcGIS 9.3. Singkat saja kan tutorial nya. Hiiii…..

0 komentar:

Posting Komentar