Kamis, 23 Juli 2015

Trik Shortcut digitasi pada ArcGIS 9.3 Download Tutorial / Belajar ArcGIS

Digitasi pada ArcGIS (Melakukan Digitasi Point, Polyline, Dan Polygon pada ArcGIS 9.3 Download Tutorial / Belajar ArcGIS) sebenarnya cukup mudah. Apalagi apabila basemap terlihat jelas, tinggal mengikuti saja. Namun bagaimana apabila digitasi tidak berdasarkan jarak atau sudut lintasan. Misalnya kita membuat dari titik A membuat garis berjarak 250 meter dengan sudut azimute N600E. Tentunya akan sedikit menyulitkan kan. Sebenarnya ArcGIS telah memberikan fasilitas ini, namun terkadang karena jarang dipergunakan, sehingga hal ini terlupakan dan dianggap tidak ada.
Untuk memudahkan, saya biasa menggunakan sistem proyeksi UTM. Hal ini dikarenakan satuan unit yang digunakan proyeksi ini adalah meter. Sehingga akan sangat memudahkan apabila kita berada pada kondisi ini.
Saya akan sedikit shared Shortcut yang dapat memudahkan dan cukup membantu kinerja anda. Namun yang perlu diketahui, secara defaul sistem arah perputaran yang digunakan adalah Berlawanan arah jarum jam (CCW).
v  CTRL+A  : Untuk memasukkan sudut. Sudut 00 berarti Barat-Timur, sedangkan 900 berarti Utara – Selatan.
v  CTRL+F   : Untuk memasukkan sudut. Namun bedanya, pada shortcut ini merupakan sudut dari arah sebelumnya.
v  CTRL+L   : Untuk memasukkan jarak terhadap posisi terakhir. Satuan yang digunakan untuk sistem proyeksi UTM adalah meter sedangkan untuk satuan geodetik adalah degree (0).
v  F6            : Untuk memasukkan koordinat Bujur (X) kolom bagian depan dan Lintang (Y) kolom bagian belakang.
v  CTRL+D  : Untuk memasukkan pergeseran dari titik sebelumnya. Pergeseran nilai koordinat Bujur (X) kolom bagian depan dan Lintang (Y) kolom bagian belakang. Nilai berdasarkan diagram cartesius. Nilai minus apabila pergeseran ke arah barat (bujur) dan selatan (lintang).
v  CTRL+G  : Untuk memasukkan nilai sudut (kolom bagian depan) dan jarak (kolom bagian belakang).
v  F2            : Untuk mengakhiri proses digitasi (finished)
v  CTRL+DELETE        : Menghapus feature yang sedang dibuat.
Sekian beberapa tisp penggunaan shortcut pada ArcGIS dan semoga bisa membantu dalam proses digitasi.

2 komentar: