Minggu, 03 April 2011

Gunung Api Bawah Laut

Pengertian Gunung api yaitu lubang atau rekahan bumi yang memiliki suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi. Jadi gunung api bawah laut merupakan gunung api yang berada di bawah permukaan laut. Gunung api bawah laut merupakan salah satu komponen dalam lantai bawah samudra, sesuatu yang masih aktif di bawah permukaan air dan menghasilkan material-material vulkanik. Gunung api bawah laut sangat berbeda dengan gunung api yang terbentuk di permukaan bumi. Gunung api bawah laut sebagian besar terbentuk pada daerah dekat dengan zona pergerakan lempeng samudra yang biasa disebut mid-ocean ridges.

Gunung api bawah laut masih aktif sifatnya, tidak sedikit pula gunung api bawah laut yang masih bersifat eksplosif, namun sebagian besar sifatnya efusif. Pada beberapa daerah, gunung api bawah laut masih mengeluarkan gas pada hotspotnya dan terjadi proses hidrothermal. Hal ini sebagai reaksi magma yang langsung kontak dengan temperatur yang berbeda secara drastis seperti air. Pada gunung api bawah laut banyak dijumpai lava bantal, dimana magma yang keluar dari veins kontak langsung dengan air yang berakibat magma terbentuk secara tiba-tiba.

Beberapa gunung api bawah laut ditemui sebagai gunung laut (seamounts). Pada umumnya dijumpai dalam kedalaman antara 1.000 m sampai 4.000 m. Diperkirakan ada sekitar 30.000 buah gunung api bawah laut yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Namun hanya beberapa saja yang masih di pelajari oleh para ilmuwan dunia.

0 komentar:

Posting Komentar